Selasa, 02 Oktober 2018

Grafik Komputer & Pengolahan Citra

Grafik Komputer & Pengolahan Citra 

         Saat ini teknologi berperan penting bagi kehidupan manusia terutama komputer untuk memudahkan pekerjaan manusia seperti mengolah angka & data, sarana pendidikan, pengendali. untuk ini izinkan saya untuk membahas mengenai grafik komputer dan pengolahan citra.

1.  Grafik Komputer

          Grafik komputer merupakan cabang dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Grafik komputer adalah proses menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi komputer 3D, pemrosesan citra dan pengenalan pola. grafik komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality.

contoh implementasi grafik komputer :
  • Bidang Hiburan
          Sangat bermanfaat sekali untuk membuat film karena mampu menciptakan animasi
          
            
  • Bidang Pendidikan
          Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan obyek kepada siswa                  secara nyata yang terdapat pada microsoft power point.
       
          

  • Video Game
          Melibatkan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat              video

          

  • Virtual Reality
          Virtual reality merupakan lingkungan virtual yang seakan-akan sangat nyata dimana pengguna            akan berinteraksi ke obyek-obyek dalam lingkunngan 3 dimensi.

           

2.  Pengolahan Citra 
            Merupakan cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra atau gambar menjadi citra lain dengan teknik tertentu.

Contoh implementasi pengolahan citra :

  • Bidang Kesehatan 

          Digunakan untuk rontgen tubuh untuk mengetahui kelaninan pada organ tubuh manusia.

           

  • Bidang Visual 


          Dapat melihat gambar, jalan, gedung melalui satelit, GPS dan Foto Gambar

          


3.  Perbedaan Grafik Komputer & Pengolahan Citra

Grafik Komputer 
-  Berorientasi vektor
-  Menggunakan model 2D/3D hasil realistik
-  Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra / animasi             ( 2D/3D )

Pengolahan Citra
Berorientasi Pixel
-  Mengolah data citra untuk mengintepretasikan 2D / 3D
-  Menitik beratkan pada manipulasi citra sesuai dengan keperluan user


sumber :
http://erlanggasetyaalam.blogspot.com/2016/09/grafik-komputer-dan-pengolahan-citra.html
http://indrayuhandhi.blogspot.com/2015/10/grafik-komputer-dan-pengolahan-citra.html
https://mys1tus.wordpress.com/2015/09/27/perbedaan-grafik-komputer-pengolahan-citra/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar