Grafik Komputer & Pengolahan Citra
Saat ini teknologi berperan penting bagi kehidupan manusia terutama komputer untuk memudahkan pekerjaan manusia seperti mengolah angka & data, sarana pendidikan, pengendali. untuk ini izinkan saya untuk membahas mengenai grafik komputer dan pengolahan citra.
1. Grafik Komputer
Grafik komputer merupakan cabang dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Grafik komputer adalah proses menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi komputer 3D, pemrosesan citra dan pengenalan pola. grafik komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality.
contoh implementasi grafik komputer :
- Bidang Hiburan

- Bidang Pendidikan

- Video Game

- Virtual Reality
2. Pengolahan Citra
Merupakan cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra atau gambar menjadi citra lain dengan teknik tertentu.
Contoh implementasi pengolahan citra :
- Bidang Kesehatan
- Bidang Visual
Dapat melihat gambar, jalan, gedung melalui satelit, GPS dan Foto Gambar

3. Perbedaan Grafik Komputer & Pengolahan Citra
Grafik Komputer
- Berorientasi vektor
- Menggunakan model 2D/3D hasil realistik
- Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra / animasi ( 2D/3D )
Pengolahan Citra
- Berorientasi Pixel
- Mengolah data citra untuk mengintepretasikan 2D / 3D
- Menitik beratkan pada manipulasi citra sesuai dengan keperluan user
sumber :
http://erlanggasetyaalam.blogspot.com/2016/09/grafik-komputer-dan-pengolahan-citra.html
http://indrayuhandhi.blogspot.com/2015/10/grafik-komputer-dan-pengolahan-citra.html
https://mys1tus.wordpress.com/2015/09/27/perbedaan-grafik-komputer-pengolahan-citra/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar